Sekapur Sirih

Anak H Agus Salim Nyanyikan Indonesia Raya di Kongres Pemuda? Bohong


Museum Sumpah Pemuda. Di gedung ini dulu Kongres Pemuda Indonesia II diadakan. Benarkah Dolly Salim menyanyikan lagu Indonesia Raya di Kongres Pemuda? (foto: prayogi/republika)

Dua bulan kemudian, yaitu pada 28 Desember 1928, kata Sugondo, di ruang yang sama di Kramat 106, panitia Kongres Pemuda II mengadakan rapat penutupan. Pada kesempatan itu, lagu "Indonesia Raya" diperdengarkan lagi, kali ini dengan dinyanyikan bersama-sama. Ini tidak bohong.

Sugondo tidak menyebut anak H Agus Salim, Dolly Salim, menyanyikannya pada acara 28 Desember 1928 ini, tapi kemungkinan besar ia menyanyikannya pada kesempatan ini. Dolly adalah remaja anggota pandu. Pada saat itu, anggota pandu dilibatkan untuk menyemarakkan acara kongres.

Di majalah Media Muda yang terbit pada 1973, Sugondo menyebut, ia tak mengizinkan Supratman membawakan Indonesia Raya dengan cara dinyanyikan. Alasannya, lirik lagu itu bisa mmunculkan masalah lagi sebab selama Kongres, polisi Belanda sudah dua kali melakukan interupsi ketika ada kata-kata yang tidak berkenan bagi mereka.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

WR Supratman pun, kata Sugondo, mengaku memang tidak hendak menyanyikanya. Sebab ia telah menyiapkan diri untuk membawakannya dalam alunan musik biola yang ia bawa.

“Saya berbisik kepada saudara Supratman: ‘Jangan nyanyikan dengan perkatan-perkataannya. Pakailah do re mi sol saja’,” kata Sugondo.

“O, tidak usah saya nyanyikan. Saya membawa biola saja,” sahut WR Supratman.

Priyantono Oemar