Jangan Sibuk Baca Panduan Unduh GB Whatsapp Versi Terbaru Melulu, Baca Ini Juga...

Pitan  
Gambaran suasana eskalator yang dipenuhi pengguna, tidak menyisakan jalur capat untuk pengguna yang diburi-buru waktu (foto: wihdan/republika)
Gambaran suasana eskalator yang dipenuhi pengguna, tidak menyisakan jalur capat untuk pengguna yang diburi-buru waktu (foto: wihdan/republika)

Memiliki pengetahuan tentang etiket diperlukan untuk bekal bersopan santun di tempat umum.

Punya telepon pintar hanya dipakai untuk mencari panduan cara mengunduh GB Whatsapp, mencari panduan cara mengunduh video Tiktok? Perlu kiranya, gunakan telepon pintar untuk mengklik ini juga: Jangan Sibuk Baca Panduan Unduh GB Whatsapp Melulu, Baca Ini Juga..., untuk mengetahui etiket di tempat umum.

1. Banyak orang naik eskalator dengan bergerombol, sehingga memenuhi eskalator. Orang yang diburu-buru waktu tidak bisa mendahalui karena escalator penuh dengan orang sisi kanan kirinya. Di mal, biasanya selalu ada pelayan toko yang harus turun-nai eskalator mengantar/mengambil barang. Jika eskalator penuh, dia tidak bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Maka, jika naik eskalator, berdirilah di sisi kiri. Isilah satu tangga escalator dengan satu orang di sisi kiri saja. Kosongkan sisi kanan, sehingga orang-orang yang diburu-buru waktu bisa leluasa berjalan cepat di eskalator.

2. Jika mau masuk lift, beri kesempatan orang-orang yang di dalam lift untuk keluar terlebih dulu, baru kemudian masuk lift.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

3. Jika mau masuk kereta atau bus Transjakarta, beri kesempatan penumpang keluar terlebih dulu. Beri ruang untuk jalan, jangan memenuhi area depan pintu keluar sehingga menutup jalan keluar penumpang.

4. Jika jalan di lorong halte Transjakarta yang sempit-sempit itu, jangan sambil bermain handphone, seperti membaca WA, sehingga memperlambat laju jalan. Ini membuat orang di belakangnya terhambat untuk segera keluar dari halte.

Cara duduk yang menggangu kenyamanan penumpang lain.
Cara duduk yang menggangu kenyamanan penumpang lain.

5. Jika duduk di dalam kereta/bus Transjakarta, jagalah posisi badan yang sopan. Mengangkat kaki lalu menopangkan lutut di sandaran kursi depan, menopangkan pergelangan kaki di atas lutut sehingga telapak sepati terlihat, menyelonjorkan kaki di bangku kosong, semua itu akan menggangu kenyamanan penumpang lain, karena melanggar batas kesopanan di tempat umum. Hal-hal seperti itu cukup dilakukan di rumah saja.

Ma Roejan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image