Pitan

Ingat Suara Merdu Veronica Telkomsel? Begini Penampilan Terbaru Veronika dengan ChatGPT

Microsoft bekerja sama dengan Telkomsel dalam meningkatkan kapabilitas kanal layanan pelanggan asisten virtual “Veronika” di aplikasi MyTelkomsel.

Veronika masih setia menjadi asisten virtual yang melayani pelanggan Telkomsel. Dulu, Veronika akan menjawab panggilan masuk jika pemilik nomor Telkomsel yang dihubungi belum bisa menjawab.

Setelah ada aplikasi percakapan WhatsApp, tidak banyak pelanggan yang memerlukan Veronika. Seperti pepatah habis manis sepah dibuang. Lalu pada 2017 Veronika diperbantukan sebagai kanal layanan virtual.

Kini, Veronika Telkomsel memiliki penampilan baru dengan bantuan Microsoft Azure OpenAI Service. Veronika bisa berinteraksi dengan ChatGPT.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Dengan pemanfaatan model ChatGPT yang diakses melalui Azure OpenAI Service, Veronika terus berinovasi dengan mengintegrasikan teknologi AI terbaik yang menghadirkan kepandaian dalam memberikan solusi yang semakin akurat, serta pola interaksi yang lebih natural dan ekspresif,” jelas Vice President Customer Journey and Digital Experience Telkomsel, Danang Andrianto, dalam rilisnya, Selasa (26/9/2023).

Oohya! Baca juga ya: Eks Pembantu Mengaku Janda WR Supratman Lalu Mewakili Terima Penghargaan dari Pemerintah, Indonesia pun Geger

Azure OpenAI Service memungkinkan Telkomsel mengakses ChatGPT dan memanfaatkan natural language processing (NLP) serta machine learning. Kemampuan Veronika terbaru tersebut membuka peluang proses interaksi yang lebih natural dan intuitif dengan para pelanggan.

Keunggulan fitur teknologi machine learning memungkinkan Veronika memahami kebutuhan atas produk dan layanan secara lebih mendalam.Veronika juga memberi pengalaman layanan yang lebih nyaman dan personal.

“Integrasi Telkomsel dengan Azure OpenAI Service menghadirkan respons yang lebih baik dan kontekstual kepada pelanggan,” ujar Country Lead – Azure GTM, Microsoft ASEAN Fiki Setiyono.

Oohya! Baca juga ya: Berdosa Tinggalkan Bayi dan Suami, Nawangwulan Ditolak di Kahyangan dan Akhirnya Jadi Penguasa Laut Selatan

Dengan fitur berbasis chatbot ini, memungkinkan petugas customer care untuk lebih fokus pada pertanyaan yang memerlukan penanganan solusi. “Dengan demikian, produktivitas petugas customer care dan tingkat kepuasan pelanggan pun dapat semakin meningkat,” kata Fikri.

Maka, Veronika mampu merekomendasikan pilihan paket produk yang sesuai dengan profil kebutuhan pelanggan. Veronika juga memberikan pengetahuan produk dan menjawab permasalahan pelanggan dengan lebih cepat dan semakin akurat. Pelanggan dapat mengunduh aplikasi MyTelkomsel dengan mudah di tsel.id/dlmytsel.

Ma Roejan